• Home
  • My Profil
  • Kontak
  • Jual Beli Aman
  • Pesan Hotel
  • Aksesories dan Perhiasan
  • Hosting Murah
  • handphone-tablet Hadiri Dan Syiarkan Gema MAULID DAN RATIB Setiap kamis Malam Jum'at Bersama Majlis Ta'lim Nurul Islam, mari kita memperbanyak baca sholawat di malam jum'at agar sukses di dunia dan akhirat.. di informasikan bahwa MT. nurul islam sedang menggalang dana untuk membuat yayasan dan pebelihan lahan untuk kantor sekertariat MT. Ta'lim nurul islam, bantuan dapat di salurkan ke no.rek BCA 6870698672 an.Nadih

    Saturday 4 June 2016

    Pembacaan kitab Al Adzkar Al Imam An Nawawi Di Kediaman Bapak Boin Sarih MT. Nurul Islam Kamis Malam Jum’at Tgl 20 Mei 2016.

    الصّيام

    Bab Puasa
    بابُ ما يقوله إذا رأى الهلالَ، وما يقولُ إذا رأى القمرَ
    Pembahasan Tentang Doa yang kita ucapkan apabila melihat bulan bertepan  awal bulan Ramadhan.

    Mungkin doa yang di ajarkan Rasul SAW  ini di maksudkan  ketika masuk 1 ramadhan setelah adanya  penetapan jatuhnya awal ramadhan dari pemerintah setempat, Hal ini bagi mereka yang menetukan jatuhnya bulan suci ramadhan melalui jalur Ru’yah karena menentukan jatuhnya bulan suci ramadhan dengan ru’yah bagi mereka yang tinggal di Indonesia tidak semua orang dapat menyaksikannya oleh karena kita serahkan kepada ahlinya yakni kepada pemerintahan dimana kita tinggal yang mempunyai ahli-ahli astronomi yang sudah di baiat ke benarannya. 

    Apakah doanya yang kita baca ketika masuk 1 Ramadhan?...

    روينا في مسند الدارمي1/473  وكتاب الترمذي، عن طلحة بن عبيد اللّه رضي اللّه عنه أن النبيّ صلى اللّه عليه وسلم كان إذا رأى الهلال قال‏: "‏اللَّهُمَّ أهِلَّهُ عَلَيْنا باليُمْنِ وَالإِيمانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ‏" قال الترمذي‏:‏ حديث حسن‏.  
    (1)
    Ada Riwayat Hadist di Dalam Musnadnya Imam Addarimi dan Kitab Hadist Imam Atturmudzi dari sahabat Tholhan bin Ubaidillah Bahwa Rasulullah SAW apabila melihat Bulan (1 Ramadhan) membaca Doa’ : “ Ya Allah tampakanlah bulan ini  kepada Kami dengan penuh keberkahan, keimanan dan keselamatan serta keislaman Tuhanku dan tuhan mu adalah Allah “ berkata Imam At Turmuzdi hadist ini adalah tingkatanya hasan.

    Pejelasan mengenai perawi insya Allah Akan di jelaskan dalam biografi mereka pada postingan yang akan datang…

    وروينا في مسند الدارمي، عن ابن عمر رضي اللّه عنهما قال‏:‏ كان رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم إذا رأى الهلال قال‏: "‏اللَّهُ أكْبَرُ، اللَّهُمَّ أهِلَّهُ عَلَيْنا بالأمْنِ والإِيْمَانِ والسَّلامَةِ والإِسلامِ وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنا وَرَبُّكَ اللَّهُ‏"‏‏. 
    Masih Dalam musnad imam Ad Darimi ada sebuah Hadist Yang beliau Riwayatkan dari Ibnu Umar beliau berkata Bahwa Rasulullah Saw Apabila melihat bulan berdoa : “ Allah Akbar “ Maha besar Allah : Ya Allah tampakalah bulan ini dengan membawa keamanan, iman, keselmatan, Isalam, rerta petunjuk kepada apa yang engkau cintai dan engkau ridhoi Tuhan kami dan Tuhanmu Adalah Allah

    Catatan  dari hadist yang terdapat di musnad Al Imam Ad Darimi yang di rawayakan oleh Ibnu Umar RA.
    1.      Ada penambahan lapadz (اللَّهُ أكْبَرُ ) yang tidak terdapat di dalam  hadist yang diriwayatkan oleh Tholhah Bin Ubaidillah walau dalam kitab musnad yang sama.

    2.      Adanya penabahan kalimat (وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى) yang tidak terdapat di dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tholhah Bin Ubaidillah walau dalam kitab musnad yang sama

    3.      Penggunaan lapadz yang berbeda seperti lapadz رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ diganti dengan lapadz رَبُّنا وَرَبُّكَ اللَّهُ

    Ini menunjukan begitu banyaknya hukum-hukum yang ada dalam ajaran islam yang bersuber dalam literature yang sama dengan perawi dan isi hadist yang berbeda tapi maksud dan tujuannya sama “ itulah indahnya islam. ( Bersabung di rumah Sdr. Abdurrahman “ adul salah seorang Crew umbul-umbul MT. Nurul Islam )

    No comments:

    Post a Comment