• Home
  • My Profil
  • Kontak
  • Jual Beli Aman
  • Pesan Hotel
  • Aksesories dan Perhiasan
  • Hosting Murah
  • handphone-tablet Hadiri Dan Syiarkan Gema MAULID DAN RATIB Setiap kamis Malam Jum'at Bersama Majlis Ta'lim Nurul Islam, mari kita memperbanyak baca sholawat di malam jum'at agar sukses di dunia dan akhirat.. di informasikan bahwa MT. nurul islam sedang menggalang dana untuk membuat yayasan dan pebelihan lahan untuk kantor sekertariat MT. Ta'lim nurul islam, bantuan dapat di salurkan ke no.rek BCA 6870698672 an.Nadih

    Friday 14 September 2012

    ANJURAN MELAKSANAKAN PUASA SUNAH DI SETIAP BULAN HIJRIYYAH / QOMARIYAH.



    Banyak sekali hadist-hadist Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan kepada kita  Melakukan amaliyah-amaliyah ibadah  tambahan (sunah) baik yang sifatnya harian,bulanan dan tahunan tujuannya tak lain agar kebaikan, dan keimanan kita kepada Allah SWT semakin kuat. Oleh karena itu tidak boleh kita meniggalkan dan menyiakan-nyiakan waktu luang kita, sunyi dari berdzikir kepada Allah SWT, membaca sholawat kepada Nabi Muhammad dan mengerjakan puasa sunah di antaranya melaksanakan puasa sunah di setiap bulan hijriyyah (Qomariyyah) sebagaimana yang telah di sabdakan Nabi Muhammad SAW :

    عَنْ أَبِِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: اَوْصَانِيْ خَلِيْلِيْ (ص) بِثَلاَثَةِ صِيَامِ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ مَنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَىِ الضُّحَى، وَاَنْ اُتِرَ قَبْلَ اَنْ نَامَ. (متفق عليه)                                                                             
    Artinya :
    Abu Huroirah r.a berkata : “Kekasihku Muhammad SAW berpesan kepadaku supaya berpuasa  tiga hari disetiap bulan, melaksanakan sholat Dhuha dua rakaat dan sholat witir sebelum tidur”. ( Hr. Buchori, Muslim )

    Dalam hadist lain Nabi  Muhammad SAW juga bersabda, menganjurkan kepada kita agar dapat melaksanakan  puasa sunah tiga hari di setiap bulan pada tanggal 13-14-15.
    عَنْ اَبِى ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): اِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشَرَةَ وَاَرْبَعَ عَشَرَةَ وَخَمْسَ عَشَرَةَ.التُّرْمُذِيّ  
    Artinya :
    Abu Dzarr r.a : Nabi Muhammad SAW bersabda : “ Jika kamu berpuasa tiga hari dalam sebulan, maka berpuasalah pada tanggal 13-14-15 tiap bulan. (HR.At-turmudziy)

    Namun demikian bukan berati selain di tanggal 13-14-15 kita tidak di perbolehkan berpuasa sunah, boleh saja melasanakan puasa ditanggal manapun, boleh pula kita ganti dengan melaksanakan puasa senin-kamis pada setiap bulan, jika tidak mampu melasanakan pada tanggal yang telah di tentukan, minim sekali dalam satu bulan sebagaimana yang telah di sabdakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist lain.
    عَنْ مُجِيْبَةَ اْلبَاهِلِيَّة قَالَ:  قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): صُمْ    شَهْرَالصَّبْرِوَيَوْمًا مِنْ كُلِّ شَهْرٍ.رواه ابوداود                          

    Berkata  Mujibah Al-Baahiliyah Ra : bersabda Nabi Muhammad SAW : berpuasalah kamu di bulan penuh kesabaran (bulan Ramadhan) dan satu hari pada setiap bulan. ( Hr.Abu Daud).

    No comments:

    Post a Comment