• Home
  • My Profil
  • Kontak
  • Jual Beli Aman
  • Pesan Hotel
  • Aksesories dan Perhiasan
  • Hosting Murah
  • handphone-tablet Hadiri Dan Syiarkan Gema MAULID DAN RATIB Setiap kamis Malam Jum'at Bersama Majlis Ta'lim Nurul Islam, mari kita memperbanyak baca sholawat di malam jum'at agar sukses di dunia dan akhirat.. di informasikan bahwa MT. nurul islam sedang menggalang dana untuk membuat yayasan dan pebelihan lahan untuk kantor sekertariat MT. Ta'lim nurul islam, bantuan dapat di salurkan ke no.rek BCA 6870698672 an.Nadih

    Sunday 26 June 2016

    Ilmu Hati Dan Ilmu Lisan



    اَلْعِلْمُ عِلْمَانِ عِلْمُ فىِ القلب , فذالك َلْعِلْمُ النافع , و عِلْمُ على اللسان فذالك حجة على ابن آدم
    [ رواه الخطيب عن جابر ]

    Artinya : Ilmu itu ada  dua macam, ilmu yang berada di hati yaitu ilmu yang bermanfaat dan ilmu yang terdapat di dalam lisan yaitu ilmu yang menjadi hujah bagi anak Adam ( manusia )

    Keterangan :

    Yang di maksud ilmu di dalam hati adalah ilmu yang diamalkan oleh yang punya ilmu atas dasar ikhlas, tulus mengamalkannya bukan karena ingin di puji atau riya  karena Allah Semata dan ilmu di dalam lisan ilmu yang kita jadikan sebagai hujah atas kenyakinan kita.

    Hadis tentang ilmu adalah kehidupan islam dan tiangnya Iman



    اَلْعِلْمُ حَيَاةُ اْلأِسْلَامِ وَعِمَادُ اْلأِيْمَانِ , وَمَنْ عَلِّمَ عِلْمًا أَتَمَّ اللهُ أَجْرَهُ , وَمَنْ تَعَلَّمَ فَعَمِلَ عَلَّمَهُ اللهُ
    مَا لَمْ يَعْلَمْ . [ روه أبو الشيخ ]

    Artinya : Ilmu adalah kehidupan islam dan tiangnya iman , Barang siapa yang mengusai suatu ilmu niscaya Allah sempurnakan pahala Nya. Dan barang siapa mempelajari suatu ilmu lalu ia  mengamalkannya. Niscaya Allah mengajarkan kepadanya ilmu –ilmu yang dia tidak ketahui.

    ( Riwayat Abu Syaech )

    Penjelasan : 

    Ilmu Adalah Ruhnya Islam dan tiangnya Iman, Sudah dapat kita bayangkan orang islam  yang tidak punya ilmu berarti tidak punya kehidupan alias “Mati” dan juga tidak mempunyai iman, kerena islam akan terus berdiri dan iman akan terus hidup di hati kita manakala tempat-tempat majlis ilmu kian di sukai dan di hadiri, agar  islam senantiasa hidup dan iman kian berdiri kokoh, Oleh karenanya kedudukan orang yang berilmu yang selalu mengamalkan ilmu akan terus meningkat derajatnya dan ilmunya senantiasa di tambah oleh Allah SWT .

    Saturday 25 June 2016

    Hadist tentang keistimewaan orang Alim Dan Orang yang menuntut ilmu



    اَلْعَالِمُ وَاْلمُتَعَلِّمُ شَرِيْكَانِ فِى اْلخَيْرِ, وَسَائِرِ النَّاسِ لَاخَيْرَ فِيْهِمْ .

    [ روه الطبراني عن أبى الدرداء ]

    Orang Alim yang mengajarkan ilmunya dan orang yang belajar ( ilmu agama) kepadanya keduanya memperoleh kebaikan, adapun orang-orang selain darinya tiada kebaikan bagi mereka.

    Banyaknya Majlis-Majlis Ta’lim  didirikan mudah-mudahan  dalam rangka kita mengamalkan hadist tersebut di Atas dan berlomba-lomba dalam hal kebaikan ( fastabiqul Khoirot ) Banyak cara yang di lakukan untuk menjaring minat manusia agar tergerak hatinya untuk datang ke majlis Ta’lim hingga lahirnya  grop – grop hadroh ( sholawat ) yang juga ada efek fositifnya agar generasi muslim tidak selalu mengidolakan musik – musik barat, hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan para 9 wali yang mengenalkan ajaran islam metode dawah melalui pendekatan kebudayaan masyarakat di saat itu, mereka ingin mengenalkan Bahwa islam adalah agama yang cinta damai mereka datang ke Indonesia ini bukan dengan kekuatan pedang tapi dengan kekuatan cahaya iman dan kasih sayang terhadap sesama makhluk Allah SWT.

    Friday 17 June 2016

    PEMBACAAN KITAB AL ADZKAR AL IMAM AN NAWAWI DI RUMAH Sdr . ABdurahman (ADUL) Bab Puasa Kamis Malam JUM’AT Tgl. 27 MAY 2016. Bagian II ( Kedua )



    وروينا في سنن أبي داود في كتاب الأدب3/475، عن قتادة أنه بلغه؛أن نبيّ اللّه صلى اللّه عليه وسلم
    كان إذا رأى الهلالَ قال‏:‏‏"‏هِلالٌ خَيْرٍ وَرُشْدٍ، هِلالُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ، هِلالُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ، آمَنْتُ باللّه الَّذي خَلَقَكَ، ثَلاث مراتٍ، ثم يقول‏:‏ الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا وجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا‏"‏‏.
     
    وفي رواية (3) عن قتادة ‏"‏أن النبيّ صلى اللّه عليه وسلم كان إذا رأى الهلال صرف وجهَه عنه‏"‏ هكذا رواهما أبو داود مُرسَلَين‏.‏ وفي بعض نسخ أبي داود، قال أبو داود‏:‏ ليس في هذا الباب عن 
     النبيّ صلى اللّه عليه وسلم حديث مُسند صحيح‏.   (4)
    5\476 ورويناه في كتاب ابن السني (5)‏ ، عن أبي سعيد الخدري، عن رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم‏.
    ‏ ، عن عائشة رضي اللّه عنها قالت أخذ رسولُ اللّه صلى اللّه عليه وسلم بيدي، فإذا القمر حين طلع فقال‏: "‏تَعَوَّذِي باللّه مِنْ شَرّ هَذَا الغاسقِ إذَا وَقَبَ‏" (7)

    Telah sampai kepada Kami sebuah Riwayat yang terdapat pada kitab sunan Abu Daud pembahasan tentang masalah adab juz 3 H 475 dari Qotadah  ia mendapatkan berita  Bahwa Nabi SAW : apabila melihat bulan  ( Hilal ) mengucapkan doa sebagai berikut : Hilal adalah kebaikan dan petujuk, bulan ( hilal ) adalah kebaikan dan petunjuk, hilal adalah kebaikan dan petunjuk , Aku beriman kapada Allah yang telah menciptakan mu wahai bulan sebanyak tiga kali, kemudian rasul melanjutkan doanya :” Segala puji bagi Allah yang melewatkan bulan tadi dan yang mendatangkan bulan ini.

    Keterngan  :

    Imam Abu Daud menyusun kitabnya di Baghdad. Minat utamanya adalah syariat, jadi kumpulan hadits-nya berfokus murni pada hadits tentang syariat. Setiap hadits dalam kumpulannya diperiksa kesesuaiannya dengan Al-Qur'an, begitu pula sanadnya. Dia pernah memperlihatkan kitab tersebut kepada Imam Ahmad untuk meminta saran perbaikan.

    Kitab Sunan Abu Dawud diakui oleh mayoritas dunia Muslim sebagai salah satu kitab hadits yang paling autentik. Namun, diketahui bahwa kitab ini mengandung beberapa hadits lemah (yang sebagian ditandai dia, sebagian tidak).

    Ibnul A'raby berkata, barangsiapa yang sudah menguasai Al-Qur'an dan kitab "Sunan Abu Dawud", maka dia tidak membutuhkan kitab-kitab lain lagi. Imam Al-Ghazali juga mengatakan bahwa kitab "Sunan Abu Dawud" sudah cukup bagi seorang mujtahid untuk menjadi landasan hukum.
    Ia adalah imam dari imam-imam Ahlussunnah wal Jamaah yang hidup di Bashroh kota berkembangnya kelompok Qadariyah, demikian juga berkembang disana pemikiran Khowarij, Mu'tazilah, Murji'ah dan Syi'ah Rafidhoh serta Jahmiyah dan lain-lainnya, tetapi walaupun demikian dia tetap dalam keistiqomahan diatas Sunnah dan diapun membantah Qadariyah dengan kitabnya Al Qadar, demikian pula bantahan dia atas Khowarij dalam kitabnya Akhbar Al Khawarij, dan juga membantah terhadap pemahaman yang menyimpang dari kemurnian ajaran Islam yang telah disampaikan olah Rasulullah. Maka tentang hal itu bisa dilihat pada kitabnya As Sunan yang terdapat padanya bantahan-bantahan dia terhadap Jahmiyah, Murji'ah dan Mu'tazilah.

    Al-Imam al-Muhaddist Abu Dawud lahir pada tahun 202 H dan wafat pada tahun 275 H di Bashrah. ahli urusan hadits, juga dalam masalah fiqh dan ushul serta masyhur akan kewara’annya dan kezuhudannya. Kefaqihan dia terlihat ketika mengkritik sejumlah hadits yang bertalian dengan hukum, selain itu terlihat dalam penjelasan bab-bab fiqih atas sejumlah karyanya, seperti Sunan Abu Dawud.

    Sepanjang sejarah telah muncul para pakar hadist yang berusaha menggali makna hadist dalam berbagai sudut pandang dengan metoda pendekatan dan sistem yang berbeda, sehingga dengan upaya yang sangat berharga itu mereka telah membuka jalan bagi generasi selanjutnya guna memahami as-Sunnah dengan baik dan benar.

    Di samping itu, mereka pun telah bersusah payah menghimpun hadits-hadits yang dipersilisihkan dan menyelaraskan di antara hadits yang tampak saling menyelisihi. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kewibawaan dari hadits dan sunnah secara umum. Abu Muhammad bin Qutaibah (wafat 267 H) dengan kitab dia Ta’wil Mukhtalaf al-Hadits telah membatah habis pandangan kaum Mu’tazilah yang mempertentangkan beberapa hadits dengan al-Quran maupun dengan rasio mereka.

    Selanjutnya upaya untuk memilahkan hadits dari khabar-khabar lainnya yang merupakan hadits palsu maupun yang lemah terus dilanjutkan sampai dengan kurun al-Imam Bukhari dan beberapa penyusun sunan dan lainnya. Salah satu kitab yang terkenal adalah yang disusun oleh Imam Abu Dawud yaitu sunan Abu Dawud. Kitab ini memuat 4800 hadits terseleksi dari 50.000 hadits.

    Dia sudah berkecimpung dalam bidang hadits sejak berusia belasan tahun. Hal ini diketahui mengingat pada tahun 221 H, dia sudah berada di baghdad. Kemudian mengunjungi berbagai negeri untuk memetik langsung ilmu dari sumbernya. Dia langsung berguru selama bertahun-tahun. Di antaraguru-gurunya adalah Imam Ahmad bin Hambal, al-Qa’nabi, Abu Amr adh-Dhariri, Abu Walid ath-Thayalisi, Sulaiman bin Harb, Abu Zakariya Yahya bin Ma’in, Abu Khaitsamah, Zuhair bin Harb, ad-Darimi, Abu Ustman Sa’id bin Manshur, Ibnu Abi Syaibah dan lain-lain.

    Sebagai ahli hukum, Abu Dawud pernah berkata: Cukuplah manusia dengan empat hadist, yaitu: Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung niatnya; termasuk kebagusan Islam seseorang adalah meninggalkan apa yang tidak bermanfaat; tidaklah keadaan seorang mukmin itu menjadi mukmin, hingga ia ridho terhadap saudaranya apa yang ia ridho terhadap dirinya sendiri; yang halal sudah jelas dan yang harampun sudah jelas pula, sedangkan di antara keduanya adalah syubhat.

    Dia menciptakan karya-karya yang bermutu, baik dalam bidang fiqh, ushul,tauhid dan terutama hadits. Kitab sunan dialah yang paling banyak menarik perhatian, dan merupakan salah satu di antara kompilasi hadits hukum yang paling menonjol saat ini. Tentang kualitasnya ini Ibnul Qoyyim al-Jauziyyah berkata: Kitab sunannya Abu Dawud Sulaiman bin Asy’ats as-sijistani rahimahullah adalah kitab Islam yang topiknya tersebut Allah telah mengkhususkan dia dengan sunannya, di dalam banyak pembahasan yang bisa menjadi hukum di antara ahli Islam, maka kepadanya hendaklah para mushannif mengambil hukum, kepadanya hendaklah para muhaqqiq merasa ridho, karena sesungguhnya ia telah mengumpulkan sejumlah hadits ahkam, dan menyusunnya dengan sebagus-bagus susunan, serta mengaturnya dengan sebaik-baik aturan bersama dengan kerapnya kehati-hatian sikapnya dengan membuang sejumlah hadits dari para perawi majruhin dan dhu’afa. Semoga Allah melimpahkan rahmat atas mereka dan mem- berikannya pula atas para pelanjutnya.

    Qatada bin al-Nu'man (Arab: قتدة بن النعمان) adalah Sahabat Nabi Muhammad. Qatadah yang bernama asli Abdul Khatib merupakan penduduk Madinah, sehingga disebut golongan Anshar. Dalam Pertempuran Uhud, mata dia terluka hingga lepas dari rongga mata, kemudian Nabi Muhammad dengan didahului dengan doa mengembalikan bola mata Abu Qatadah seperti sediakala. Ia dijuluki sebagai "Ksatria rasulallah" (فارس رسول الله Faaris rasulullah). Meninggal di kota Madinah tahun 54 H. Menurut sebuah situs, Qatadah memiliki arti "pohon kayu keras."
     Mengenai perkataan Rasululloh SAW : الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا وجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا‏"‏‏.  telah berlalu bulan yang tadi dan telah datang bulan yang sekarang “  Merujuk pada dua Hal : 

    1, Berdasarkan pendapat imam Nawawi Bahwa Hadist ini menerangkan tentang tentang penentuan jatuhnya satu Ramadhan dengan Ru’yah.

    2. Karena dalam hadist tidak adanya penyebutan bulan yang di maksud ( telah berlalu bulan syawal dan telah datang bulan Ramadhan, Bisa jadi setiap pergantian bulan kita di anjurkan untuk membaca doa’ yang di sebutkan di atas ( wallohu a’lam bis showab ). Ber sambung pada bagian kedua.